CD 19 SHALAT KHOUF DAN GERHANA (SEGERA HADIR)



Dulu, sering kita mendengar cerita roh jahat yang bergentayangan di mana-mana ketika terjadi gerhana. Dari mulai tuyul-tuyul lucu yang menakutkan hingga genderuwo penghisap darah yang menyeramkan. Wejangan seperti inilah yang konon sering dijejali masyarakat tempoe doeloe kepada anak-anaknya. Tak luput, para guru ngaji pun turut berpartisipasi dalam upaya mengiklankan kesaktian sang tuyul yang kisahnya pun cenderung banyak dibumbui dengan khurafat.
Saudara, terjadinya gerhana merupakan suatu hal yang lazim terjadi. Bahkan syari’at pun telah mengatur hal-hal yang perlu dilakukan oleh insan yang beriman, seperti shalat gerhana dan yang lainnya. Semua itu tak lain, sebagai wujud syukur seorang makhluk kepada rabbnya.
Namun kenyataan berbeda. Terjadinya gerhana dianggap oleh sebagian masyarakat sebagai sebuah ‘tragedi’ besar yang menakutkan. Seabreg keanehan dilakukan disana-sini. Apalagi bagi wanita yang hamil, tak perlu pikir panjang segera masuk ke kolong ranjang dengan membawa beberapa perkakas yang dianggap mampu menolak keganasan Buto Ijo sang pemakan bulan. Tak luput, para dukun pun segera memanfaatkan kesempatan tersebut dengan meracik ramuan-ramuan ‘anti Hantu’ yang sudah tentu berbau kesyirikan.
Itulah PR bersama yang masih tersisa. Maka dalam rangka mengisi PR tersebut, Al Ustadz Ruwaifi’, Lc. memberikan penjelasan gamblang tentang hal-hal yang berkaitan dengan gerhana. Selamat mendengarkan!!

%d blogger menyukai ini: