CD 18 SHALAT JENAZAH (SEGERA HADIR)



Diakui atau tidak, ilmu praktik pengurusan jenazah memang telah menjadi ‘barang langka’ di sebagian masyarakat kita. Tak heran, jika di temui di sejumlah kota keluarga korban harus rela ‘mengimport’ orang dari luar daerahnya hanya ‘sekedar’ untuk mengurusi jenazah. Tak jarang, sang ahli memasang harga khusus. Tarifnya pun berbeda-beda, biasanya dilihat dari kemampuan keluarga tersebut. Semakin tebal ‘amplop’ yang diberikan, maka proses pengurusan pun akan semakin memuaskan.
Setelah proses penguburan, biasanya diselenggarakan juga upacara ritual seremonial yang biasa disebut tahlilan yang jamak dilakukan keumuman masyarakat Indonesia guna memperingati hari kematian. Tak lepas dalam acara tersebut terdapat penjamuan ‘ala kadarnya’ yang disajikan pada tiap kali acara diselenggarakan. Terkadang menu hidangan cenderung lebih dari sekedarnya, hingga acara tersebut lebih terkesan berbau ‘pesta’ kecil-kecilan.
Saudara, itulah tema yang diangkat pada kajian kali ini. Bagaimana syari’at mengajarkan tata cara pengurusan jenazah dari awal hingga akhir proses penguburan, dan bagaimana hakikat ta’ziyah syar’i yang biasa dilakukan di zaman Rasulullah dan para sahabatnya. Selamat mendengarkan!!

%d blogger menyukai ini: